--> Skip to main content

Ini Alasan Menpan Mau Kurangi Jumlah PNS

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo akan  membenahi struktur dari Aparatur Sipil Negara (ASN) alias PNS. Tjahjo menilai faedah  PNS didominasi yang sifatnya administratif sehingga ingin  menjadi beban untuk  keuangan negara. Ditemui usai Sidang Kabinet perdana di Istana Merdeka, Kamis (24/10/2019), Tjahjo mengatakan konsentrasi  kesatu  dirinya saat  ditunjuk menjadi Menteri ialah  membenahi nomenklatur. Sementara konsentrasi  kedua, pembenahan struktur PNS. "Fokus saya kedua, ASN sekitar  ini jujur apa sih sekitar  ini reformasi birokrasi, reformasi tersebut  apanya, tersebut  akan saya fokuskan," kata Tjahjo.
Ini Alasan Menpan Mau Kurangi Jumlah PNS
Politisi PDI-P itu  menyebut ke depan, penerimaan bakal  disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak ketinggalan, Tjahjo pun  mengakui bahwa jajaran PNS tidak sedikit  diisi oleh pegawai di bidang administrasi.

"Jadi penerimaan pegawai akan cocok  kebutuhan, diperlukan  penyuluh pertanian, diperlukan  pegawai puskesmas yang bidang itu," terangnya.

Bagaimana susunan  penerimaan CPNS yang akan dilangsungkan  akhir Oktober 2019 ini?

"Ini sedang saya bahas, ini kami seleksi dahulu tidak boleh  sampai nanti antara keperluan  dan dropingnya tidak (sesuai). Kami hendak  tepat. Jadi target kami penerimaan pegawai baru jelas. Reformasi tersebut  apa sih, mereformasi birokrasi tersebut  apa yang siap."

Apalagi, penerimaan ASN (Aparatur Sipil Negara) baru pun  perlu menyimak  aspek perkiraan  yang disiapkan. Karena itu, dia pun  akan menyiapkan sekian banyak   regulasi-regulasi berhubungan  nomenklatur baru.

"Itu kan mempengaruhi anggaran, mempengaruhi struktur organisasi kementerian yang ada. Kami bakal  jemput bola tidak boleh  sampai tersebut  terganggu," sebutnya.

Jika tidak terjadi mundur, maka susunan  penerimaan CPNS (calon PNS) akan dilangsungkan  akhir bulan Oktober ini. Tjahjo menuliskan   saat ini sedang dibahas.

"Ini kami seleksi dulu, tidak boleh  sampai nanti antara keperluan  dan droping-nya tidak., kami hendak  tepat. Jadi target kami penerimaan pegawai baru jelas. Reformasi tersebut  apa sih, mereformasi birokrasi tersebut  apa yang siap," sebutnya.

Berdasarkan daftar  Badan Kepegawaian Negara (BKN) lowongan CPNS kali ini, pemerintah memerlukan  197.111 formasi. Jumlah itu  terdiri dari 37.854 orang guna  pemerintah pusat dan 159.257 orang guna  pemerintah daerah.

Sumber : CNBC dengan beberapa perubahan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar