Skip to main content

Menpan RB: Pengumuman Seleksi CPNS 2019 Dibuka 11 November. Cek Formasinya Disini!

Berita gembira, penerimaan CPNS 2019 hendak dibuka pada 11 November mendatang. Perihal ini dikatakan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negeri( Menpan RB) syafruddin. Tadinya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negeri serta Reformasi Birokrasi( MenPAN- RB) Syafruddin berkata perekrutan CPNS hendak diawali 11 November.




" Telah siap, bakal diawali pada 11 November," kata Syafruddin di Istana Wakil Presiden, Jalur Medan Merdeka Selatan, Jakarta Puaat, Selasa( 15/ 10/ 2019).

Sebaliknya terpaut dengan departemen apa saja yang hendak menerima lowongan CPNS 2019 ini, Menpan RB tidak ingin merincinya, karena baginya buat nomenklatur departemen tersebut ialah kewenangan Presiden.

" Itu kewenangan presiden," sebutnya.

Buat formasi penerimaan CPNS pada tahun 2019 ini, kata ia, terdapat sebanyak 197. 111 formasi. Dari 197. 111 formasi yang terdapat tersebut sangat banyak buat tenaga pembelajaran( guru) serta tenaga kesehatan( bidan, dokter serta dokter gigi).

" Ya paling utama guru, kesehatan," ucapnya.

Jadi pada penerimaan CPNS tahun 2019 ini, formasi sangat banyak ada merupakan buat tenaga teknis, tenaga kesehatan serta tenaga pendidik( guru).

Buat Kamu yang mempunyai latar balik pembelajaran ataupun sarjana di bidang pembelajaran ataupun guru serta kebidanan, bersiaplah!

Sebab kedua latar balik pembelajaran tersebut tercantum formasi sangat banyak ada buat penerimaan CPNS 2019 ini.

Semacam yang bisa kita amati dalam siaran formal Tubuh Kepegawaian Negeri( BKN), yang mengatakan terdapat dekat 140 ribu dari 197 ribu formasi disediakan buat guru, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis.

Ini maksudnya lebih dari 50% formasi cpns 2019 yang ada diperuntukkan buat tenaga pendidik/ guru, tenaga kesehatan/ bidan serta tenaga teknis yang lain, dengan rincian bagaikan berikut:

Penerimaan CPNS 2019 buat 197. 111 Formasi,

Berikut Alokasinya

4 Formasi Terbanyak Penerimaan CPNS 2019:

Tenaga pendidik/ guru berjumlah 63 ribuan

Tenaga kesehatan: bidan, dokter, dokter gigi, perawat berjumlah 31 ribuan

Tenaga teknis fungsional beberapa 23 ribuan

Teknis yang lain sebanyak 28 ribuan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negeri serta Reformasi Birokrasi( PAN- RB) tadinya berkata kalau formasi teknis memanglah hendak ditingkatkan pada penerimaan CPNS 2019 ini.

Ada pula buat pengumumaan pilih CPNS 2019, dia menyebut penerapan dibuka pada 11 November mendatang.

Yang maksudnya bila nyatanya pada bertepatan pada 11 November 2019 nanti pengumuman penerimaan CPNS 2019 belum dibuka, berarti yang hoax tidaklah portal- portal online tetapi Menpan sendiri.

Hendak namun sebab statment ini langsung keluar dari Menpan sendiri, berarti fix penerimaan CPNS 2019 yang sudah lama ditunggu- tunggu oleh warga hendak dibuka 11 November mendatang.

Penerimaan CPNS 2019 kali ini, tidak buat seluruh lembaga negeri, yang maksudnya formasi yang ada tidak buat seluruh lembaga negeri yang terdapat.

Tetapi cuma hendak ada buat 541 lembaga pusat serta lembaga wilayah saja yang menemukan jatah formasi CPNS tahun 2019 ini.

Panselnas penerimaan CPNS 2019 dihadapkan pada realitas dimana mereka wajib membiasakan formasi yang telah siap dikala ini dengan struktur kabinet baru yang hendak dibangun sehabis presiden dilantik.

Dari total 197. 111 formasi CPNS 2019 yang ada, sebanyak 37. 854 dialokasikan buat departemen serta lembaga di tingkatan pusat serta 159. 257 formasi didistribusikan buat 467 pemerintah wilayah.

Pengumuman CPNS 2019 yang hendak dibuka pada 11 November, berarti buat prosesnya dapat dilaksanakan Desember 2019.

Formasi tenaga teknis yang jadi prioritas pada penerimaan CPNS 2019 ini merupakan buat menunjang pengembangan nasional paling utama guru serta tenaga kesehatan dan tenaga teknis yang lain buat pengembangan SDM serta Infrastruktur.

Pemerintah pada penerimaan CPNS 2019 ini lagi membetulkan komposisi pegawai yang terdapat saat ini.

Yang mana sampai dikala ini komposisi PNS yang terdapat dipemerintahan masih didominasi oleh pegawai administrasi universal.

Tidak hanya kuota buat formasi tenaga teknis, tenaga pendidik serta tenaga kesehatan, pemerintah pula sediakan kuota spesial buat pelamar penyandang disabilitas, cumlaude, diaspora dan Putra Papua/ Papua Barat.

Kemenpan RB pula melaporkan kalau buat penerimaan CPNS 2019, para pelamar yang pada pilih CPNS tahun 2018 lulus PI ataupun pilih kompetensi dasar( SKD), hendak namun tidak dapat lulus jadi PNS bisa memakai nilai yang lama serta dapat langsung menjajaki Pilih Kompetensi Bidang( SKB).

Terdapat 108 Posisi Tes Pilih CPNS 2019

Paling tidak terdapat 108 tempat posisi penerapan uji CPNS 2019 yang tersebar di segala Indonesia.

Tubuh Kepegawaian Nasional( BKN) menggandeng beberapa lembaga pusat serta wilayah buat menunjang kelancaran penerapan pilih penerimaan CPNS 2019 ini.

Yang mana diperkirakan jumlah pelamar CPNS yang berlangsung secara serentak pada tahun 2019 ini dapat menggapai 5, 5 juta orang.

BKN selaku lembaga penyelenggara pilih penerimaan CPNS 2019 secara nasional, lagi mematangkan aspek infrastruktur penerapan tes pilih penerimaan CPNS 2019.

Dimana persiapan infrastruktur tersebut di antara lain mencakup sistem registrasi yang dicoba secara online serta terintegrasi lewat portal Sistem Pilih Calon ASN( SSCASN).

Dan persiapan infrastruktur berbentuk sarana tes pilih yang hendak dicoba dengan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN). 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar