Ayo Cegah Meningitis, Kurangi Begadang!


DOKTER spesialis saraf RS Adi Husada Kapasari Suliman Purwoko mengingatkan bahaya begadang yang sering dilakukan masyarakat. Salah satunya penyebab penyakit meningitis. Suliman mengatakan, meningitis adalah penyakit radang selaput otak. Radang tersebut, lanjut dia, menyerang selaput yang dinamakan meningen.

Selaput itu adalah lapisan pembungkus otak yang bisa ditembus kuman, virus, atau bakteri. "Ketika berhasil ditembus, terjadi infeksi," ujar dokter lulusan Universitas Airlangga itu. Infeksi yang berlangsung cepat mengakibatkan bagian otak kehilangan sebagian fungsi. Salah satunya kesadaran.

Seseorang yang terkena meningitis biasanya mengalami gejala pusing hebat. Gejala itu kemudian diikuti menurunnya kesadaran. "Orang kena meningitis itu makin lama makin ngelantur. Hingga anggota tubuhnya mengalami kekakuan," lanjutnya. Dalam kasus tertinggi, penyakit meningitis bisa mengakibatkan kematian.

Dia menambahkan, penyakit meningitis bisa dipicu kurangnya istirahat. Jam istirahat yang kurang jelas berpengaruh pada daya tahan tubuh yang dikawal sel darah putih. "Sel darah putih ada dua. Yang sifatnya prajurit (langsung membunuh) dan seperti tank (menembakkan peluru)," ujarnya.

Bila kedua sel darah putih tidak terproduksi dengan baik, kemungkinan daya tahan tubuh tertembus patogen semakin tinggi. "Makanya kurang-kurangi begadang. Tubuh seharusnya istirahat. Jangan dipaksa terus," ujarnya.

Karena itu, dia mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai meningitis. "Lebih baik mencegah," katanya. Masyarakat, lanjut dia, harus sering mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang. Boleh apa saja, yang penting steril. (jar/c6/eko/jpnn)

Sumber : JPNN
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar