Skip to main content

Berapakah jumlah PNS di Indonesia, Ini data Kemenpan

Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh Indonesia mencapai 4,3 juta orang. Ternyata dari jumlah tersebut, pelaksana administrasi paling banyak jumlahnya. Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengungkapkan total 4,3 juta, 39% di antaranya adalah pelaksana administrasi.
"Yang lebih banyak yakni pelaksana administrasi yang mencapai 39% atau 1,9 juta. Jadi kita masih cukup banyak yang pelaksana administrasi," papar Setiawan di Kantor KemenPAN-RB, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Selanjutnya, guru dalam struktur PNS menjadi jabatan kedua terbanyak dengan angka mencapai 35%. Atau tepatnya berjumlah 1,5 juta.

Kemudian PNS yang memiliki jabatan teknis seperti dokter hingga pelaksana pertanian jumlahnya cuma 645 ribu orang.

"Jabatan teknis seperti dokter, pertanian, itu mencapai 15%," terang Setiawan. Setiawan melanjutkan, jumlah PNS yang mengisi jabatan struktural jumlahnya paling sedikit. Hanya mencapai 11%, atau sebesar 460.067 orang.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar