--> Skip to main content

Info Terbaru, Mau Daftar CPNS 2019? Siapkan Dokumen Ini dari Sekarang


Pemerintah kembali membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini. Jadwal seleksi bakal dimulai pada Oktober mendatang. Walaupun masih 3 bulan lagi, ada baiknya calon pelamar mulai mempersiapkan diri dari sekarang. Apa saja yang harus disiapkan? Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menjelaskan, hal yang sebaiknya mulai disiapkan adalah kelengkapan dokumen calon pelamar, mulai dari akta kelahiran, KTP, ijazah, kartu keluarga (KK), termasuk foto ukuran 4x6.

"Itu sebaiknya di-scan saja dulu dengan maksimal kapasitasnya 200 KB," kata Ridwan kepada detikFinance, Jakarta, Kamis (4/7/2019). Kenapa harus di-scan agar bisa disimpan secara digital. Dengan begitu nantinya akan lebih mudah menyiapkan dokumen saat diperlukan. Sebab jika disimpan di flashdisk misalnya, itu rawan hilang dan sulit ditemukan karena ukurannya yang kecil.

"Itu di-scan saja siap-siap. Kemudian diletakkan kalau saya sih lebih senang di cloud (penyimpangan digital) ya, supaya nanti gampang diambil. Takutnya kalau disimpan di flashdisk-nya hilang dan sebagainya," paparnya. Dia menjelaskan, banyak peserta CPNS yang kelabakan saat melakukan pendaftaran karena tidak menyiapkan dokumen tersebut jauh-jauh hari. Banyak pelamar yang baru men-scan dokumen di hari yang sama saat itu dibutuhkan. Tentu saja itu bisa membuat berantakan.

"Jadi ada beberapa kasus yang di depan kepala saya sendiri itu yang diminta foto yang diupload atau yang diunggah ijazah, minta ijazah yang diunggah kartu keluarga. banyak yang gitu-gitu. Karena itu dari awal di-scan saja semuanya," ujarnya. Terakhir, jangan lupa melegalisir dokumen yang disyaratkan untuk itu, misalnya fotokopi ijazah dan transkrip nilai.

"Kemudian yang berikutnya untuk dokumen-dokumen yang memerlukan legalisir silahkan dilegalisir misalnya ya, ijazah, kemudian kalau sudah S1 atau S2 tentu transkrip nilai ya," tambahnya. Sebagai informasi, seleksi penerimaan CPNS 2019 yang dibuka pada Oktober 2019 dialokasikan kuota sebesar 100.000. Saat ini formasinya belum ditetapkan.

"Penerimaan CPNS bulan Oktober. 100.000 alokasinya tahun ini," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin saat ditemui di Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (2/7).

Sumber : Detik Finance
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar