Bocoran soal dan cara mendaftar PPPK Online

Bocoran soal dan cara mendaftar PPPK Online

Bocoran Soal PPPK
Pendaftaran pegawai setara PNS atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dibuka. Pelamar bisa melakukan pendaftaran dan melengkapi dokumen yang disyaratkan. Pendaftaran dibuka hingga 17 Februari dan selanjutnya diumumkan hasil seleksi administrasi. Mereka yang lulus administrasi bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya yaitu seleksi berbasis komputer atau CAT.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan bahwa seleksi berbasis komputer tersebut terdapat 100 soal. Para calon PPPK harus menjawabnya dalam waktu 90 menit.

"Tes 100 soal 90 menit. Materinya tentang kompetensi teknis, manajerial dan sosiokultural," kata Ridwan kepada detikFinance, Rabu (13/2/2019).

Ridwan menjelaskan, kompetensi teknis berisi mengenai pekerjaan yang setiap hari dilakukan oleh para pelamar, misalnya guru honorer berkaitan dengan ilmu pendidikan. Sedangkan manajerial berisi tentang mengatur sumber daya terkait pekerjaan yang ditekuni.

"Jangan khawatir itu sudah apa yang dilakukan sehari-hari di pekerjaan," ujar Ridwan. Selanjutnya, sosiokultural berisi tentang bagaimana pelamar beradaptasi dalam lingkungan masyarakat. "Sosiokultural bagaimana mereka beradaptasi dengan masyarakat setempat," tutur Ridwan. Kemudian dilanjutkan ke tahap wawancara untuk mengetahui lebih detail calon PPPK.

Cara daftar PPPK Online
"Untuk memastikan integritas seseorang. Sebenarnya untuk meyakinkan praktiknya mereka sudah bekerja di situ," kata Ridwan. (ara/zlf)Berikut cara mendaftar ke laman simulasi CAT-BKN, dikutip TribunStyle.com dari berbagai sumber, Sabtu (28/7/2018).

1. Pergi ke laman http://cat.bkn.go.id/simulasi/index.php
2. Lakukan log in dengan memasukkan Email dan juga Password.
3. Masukkan 10 digit kode verifikasi yang dikirim ke email.
4. Log in berhasil, peserta mulai bisa melakukan simulasi CAT-BKN.

Salah satu persiapannya yakni kecakapan dalam menjawab soal.
Untuk itu, mulai dari sekarang anda harus mempelajari contoh soal-soal tes CPNS.

Seperti diketahui, tes penerimaan CPNS 2018 melalui berbagai tahapan.
Tahapan tes CPNS 2018 menggunakan computer assisted test (CAT) membutuhkan ketelitian dan kemampuan berpikir peserta.
Diketahui, Tes berbasis CAT tersebut meliputi seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Bagi kalian yang akan mengikuti tes CPNS untuk pertama kalinya, pastikan kalian memahami apa itu SKD dan SKB.
Standar nilai minimal SKD CPNS 2018 (Kemenpan RB)Pada seleksi kompetensi dasar atau SKD, peserta akan menjawab soal lewat CAT.
Peserta tidak perlu lagi menjawab soal di kertas dan menghitamkan pilihan jawaban. Hasil tes peserta juga akan langsung bisa diketahui setelah selesai tes.

Tes yang ada dalam tahap seleksi SKD antara lain, Tes Wawancara Kewarganegaraan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
Peserta yang lulus di tahap seleksi SKD dapat melanjutkan ke tahap seleksi SKB.
Seleksi kompetensi bidang meliputi tes kesamaptaan serta tes pengamatan fisik dan keteramapilan (FSK). Nah untuk itu, mengulang-ulang materi contoh soal CPNS dianggap cukup membantu peserta dalam menjawab soal. Mulai dari sekarang mempelajari tentang materi serta cara menjawab dengan cepat soal tes CPNS 2018.
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar