Skip to main content

2019 Gaji Honorer Bakal Naik hingga 1,7 juta/bulan


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) memberikan sinyal akan menaikan gaji Pendidik (Guru) dan Tenaga kependidikan (TU) (PTK) honorer di wilayahanya pada awal 2019 mendatang. Bahkan jumlah gaji PTK tersebut minimal akan disamakan dengan gaji honorer di Kantor Pemkab PPU dengan kisaran sebesar Rp 1.300.000 sampai dengan Rp 1.700.000.

Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Mas’ud (AGM), Senin (12/11/2018) menyatakan kenaikan gaji ini akan diberikan kepada PTK 705 orang honorer di Kabupaten PPU baik itu di tingkat TK, SD maupun SMP sedangkan untuk SMA/ Sederajat merupakan tanggung jawab Provinsi Kalimantan Timur.

Alasannya, dinaikannya tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan ini karena ia menilai lamanya masa pengabdian para guru maupun tenaga kependidikan, keberadaan PTK honorer ini telah membantu pihaknya mensukseskan wajib belajar 9 tahun yang dicanangkan pemerintah pusat.

“Awal tahun 2019 PTK honorer akan kami naikkan. Besaran kenaikan ini minimal akan menyamai gaji honorer di Kantor Pemkab PPU. Sumber dananya berasal dari APBD 2019,”kata AGM.

Dikatakan AGM ia meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten PPU untuk menaikan PTK agar dapat dinaikan secara keseluruhan tanpa terkecuali karena menurutnya PTK honorer saat ini tidak memanusiakan manusia.

“Masa iya kita tega memberikan gaji PTK honorer yang mendidik dan memberikan wawasan yang ada hanya menerima Rp 500.000 perbulan?. Seandainya dia ini seorang bujangan walaupun dia kerja 100 tahun tahun tidak bakalan bisa melamar wanita kalau hanya mengharapkan gajinya,”tegas AGM.

Maka dari itu AGM menambahkan atas inisiatif dirinya dan mengacu kepada Pancasila, Sila ke 5 yang berbunyi.

“Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” gaji PTK harus naik paling tidak sama dengan gaji pegawai honorer di di Kantor Pemkab PPU.

“Inisiatif saya ini mengacu kepada Sila ke 5, Pancasila. Untuk menghadirkan Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia . Gajinya harus naik,”pungkasnya.

Jumlah guru Pendidik maupun Tenaga kependidikan di PPU 705 orang, 402 Pendidik dan 303 Tenaga Kependidikan dengan gaji sesuai dengan standarisasi akedimik (Ijasah Terakhir) serta lama masa pengabdian. Sarjana Rp 1.500.000- Rp 1.700.000, SMA maupun Diploma 1.300.000-Rp 1.500.000.

Sumber : harianppuonline
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar