Skip to main content

Motivasi : Ada Camilan Kacang Hijau Bisa Hasilkan Jutaan Rupiah Lho


Jakarta - Produk olahan kacang hijau umumnya ditemui dalam bentuk bubur ataupun isian bakpia. Tak banyak yang tahu bahwa kacang hijau bisa diolah menjadi camilan utama layaknya kacang tanah ataupun yang lainnya. Hal tersebut yang membuat Chaidir Ali (25) memutuskan untuk membuat camilan dari kacang hijau. Usaha yang dinamakan Jolley ini sudah dipikirkan sejak akhir 2016.

"Untuk mulai bisnis akhir 2016 kurang lebih, cuma untuk mulainya di bulan satu 2017," kata Chaidir kepada detikFinance, Senin (31/12/2018).

Memulai bisnis ini dibilangnya juga bukan hal yang mudah, terlebih lagi kacang hijau belum pernah dijadikan camilan utama layaknya kacang-kacang lainnya. Hal ini yang membutuhkan usaha lebih untuk memperkenalkan produk ke orang terdekat hingga ke konsumen.

"Mindset orang kan kacang hijau dijadikan bubur. Perkenalan pertama kita perlu edukasi banyak lah," tutur Chaidir. 
Untuk merintis usahanya, ia harus rela menjual sepeda motor kesayangannya. Dari hasil penjualan tersebut, sebagian digunakan untuk modal usaha.

"Modal awal kemarin sih kita sempat jual motor. Cuma ya namanya masih muda sebagian untuk keperluan sebagian untuk usaha. Rp 5 juta modal awal," kata Chaidir.

Pria yang berdomisili di Deli Serdang, Sumatera Utara menceritakan modal awal tersebut digunakan untuk membeli peralatan berupa kompor, bahan baku, hingga mesin pengering. 

Camilan kacang hijau Jolley ini terbagi ke dalam empat varian rasa, antara lain original, balado, rumput laut, dan pedas. Ukurannya pun terbagi menjadi dua, yaitu kemasan 50 gram dan 150 gram.

"Kemasan ada dua ukuran, ada 150 gram sama yang kecil kurang lebih 50 gram. Kalau 50 gram Rp 5.000, yang besar Rp 15.000 yang 150 gram," tutur Chaidir.

Setiap bulannya, ia mampu menjual ribuan kemasan Jolley. Produknya juga sudah dikirim ke beberapa kota besar di Jawa, Kalimantan. Bahkan sudah merambah pasar Singapura.

Dengan penjualan tersebut, ia mampu mengantongi omzet per bulan hingga Rp 15 juta. Namun, jika dirata-ratakan omzetnya berada di kisaran Rp 4-9 juta per bulan.

"Rangenya kira-kira Rp 4-9 juta per bulan. Pernah juga bisa tembus di atas Rp 15 juta itu kadang di bulan tertentu karena ada event," kata Chaidir.

Untuk kalian yang penasaran dan ingin mencoba langsung camilan kacang hijau, bisa langsung melihat produknyadiInstagram @jolley_snack


Sumber : Detik Finance
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar