Menghitung Jumlah Honorer di Indonesia, Inilah Data Kemenpan

Menghitung Jumlah Honorer di Indonesia, Inilah Data Kemenpan



Menghitung Jumlah Honorer di Indonesia, Inilah Data Kemenpan

Tercatat sejak proses seleksi 2013 masih ada 157.210 guru honorer. Dari angka itu yang masih masuk dalam kriteria ujian tes CPNS seperti usia maksimal 35 tahun hanya 12.883 guru honorer.

"Nah dari 12.883 itu yang daftar hanya 8.498 orang, kemudian yang lulus SKD hanya 6.541 orang," kata Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsa Atmaja dalam rapat kerja dengan Komisi X, Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Itu artinya dari guru honorer yang masuk dalam kriteria tea CPNS masih ada sebanyak 6.342 yang statusnya belum jelas. 

"Untuk yang tidak lulus sebenarnya silahkan ikut lagi tes CPNS jika usianya masih sesuai," tambahnya.

Sementara bagi guru honorer yang usianya sudah lebih dari 35 tahun pemerintah memberikan kesempatan mengikuti seleksi Pegawa Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kesempatan itu juga diberikan kepada guru honorer sebanyak 144,327 orang yang tidak masuk dalam kriteria CPNS.


Lalu Kapan Pelaksanaan Seleksi PPPK

Komisi X pun mendesak pemerintah untuk benar-benar menyelesaikan polemik guru honorer yang saat ini ada raturan ribu orang. Pemerintah didesak untuk secepatnya mengadakan seleksi PPPK.

"2019 Insya Allah dilakukan. Kami masih menunggu pertimbangan. Karena ada 2 pertimbangan teknis dari sisi Kementerian Keuangan dan jumlahnya. Mudah-mudahan cepat," kata Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB Setiawan Wangsa Atmaja.

Namun Ketua Komisi X Djoko Udjianto meminta Setiawan untuk menetapkan tenggat waktunya. Akhirnya disepakati seleksi PPPK dilakukan paling lambat Maret 2019.

"Ya bisa. Kemenkeu sedang mengurus. Kan kuota tidak bisa ditentukan kalau Kemenkeu enggak ada uangnya. Mudah-mudahan yang terbaik," jawab Setiawan.


Sumber : Detikcom
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar