Skip to main content

Gagal PNS saatnya anda menjadi Pimpinan PNS

Bismillahirrahmanirrahim | Menjadi seorang PNS  adalah sebuah pengabdian yang nyata. Selain karena gaji dan tunjangan yang lumayan serta adanya tunjangan atau tepatnya gaji selama pensiunan nantinya. Seorang yang telah menjadi PNS merasa bahwa masa depannya penuh dengan kecerahan karena jaminan masa depan (masa pensiun) yang terjamin. Namun apakah itu menjamin masa depan yang sesungguhnya?
Wallahu'alam bishowab. Kita tidak mampu menjawabnya.

Gagal PNS saatnya anda menjadi Pimpinan PNS
Images by Google


Bagi anda yang belum pernah merasakan bagaimana nikmat dan enaknya menjadi seorang PNS maka ada kesempatan bagi anda untuk menjadi bagian dari ASN. Dari segi aturan bahwa seseorang bisa menjadi bagian dari ASN dengan menjadi pejabat Pratama setara eselon I dan eselon II.

Berikut adalah kutipan berita dari BKN tahun 2013.


Bahkan, dikatakan Bima, bukan tidak mungkin nantinya pejabat tinggi di pemerintahan pun bisa direkrut dari swasta. Hal tersebut termasuk ke dalam wacana yang sedang digaungkan oleh BKN sendiri. "Kemudian apakah nanti Direktur, Dirjen, Sekjen boleh dari swasta, boleh nggak ya. Kenapa nggak boleh, ini kita lagi pikirkan. Ini kan wacana," paparnya. Dia sedikit menyinggung perbedaan cara perekrutan PNS pemerintahan dengan apa yang diterapkan di perusahaan swasta. "Swasta itu mencari orang, saya itu ingin orang yang kayak gini. Kalau di birokrasi kan orang daftar, birokrasinya diam saja. Bisa nggak kita aktif, nah ini yang sedang kita pikirkan," tutupnya.

Namun itu semua menunggu proses. Kabar baiknya seperti yang admin kutip dari salah satu kantor berita yaitu Pemerintah akan merekrut kalangan swasta dan kalangan profesional untuk menduduki jabatan eselon II bahkan eselon I. Berikut kutipannya.

Pemerintah berencana membuka rekruitmen pegawai swasta atau kalangan profesional masuk ke birokrasi pemerintah. Jika tak ada aral melintang, rencana ini akan mulai direalisasikan tahun depan. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengatakan, saat ini rencana tersebut masih dalam tahap pembicaraan. Adapun jabatan yang bisa diisi kalangan swasta tersebut bisa eselon satu maupun eselon dua.
Intinya ada banyak kesempatan untuk kedepannya agar bisa menjadi bagian dari ASN atau PNS itu sendiri. Namun syaratnya tentu saja tidak mudah, harus berintegritas dan profesional. Memiliki keahlian tinggi dan tidak dimiliki oleh seorang PNS dan nantinya juga akan dilakukan sistem kontrak yaitu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Mari kita mulai sekarang berusaha menjadi lebih profesional. Jikalau ada kesempatan maka tidak ada salahnya kita gunakan. Sembari menunggu Petunjuk Teknis mengenai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang masih digodok oleh Pemerintah, maka kita sama-sama belajar menjadi pribadi yang profesional dan berintegritas. Salam ASN.



Rujukan :
Liputan6*com
nasional.kontan*co*id


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar